No image available for this title

Text

DAMPAK PENGGUNAAN SIANIDA TERHADAP LINGKUNGAN AIR AKIBAT KEGIATAN TAMBANG EMAS DI DESA TANJUNG HABULU KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT



ABSTRAK
Karya Tulis Ilmiah
SEKAR ARUM
P07133114034
DAMPAK PENGGUNAAN SIANIDA TERHADAP LINGKUNGAN AIR AKIBAT KEGIATAN TAMBANG EMAS DI DESA TANJUNG HABULU KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2017
(H. M. Irfa’i ; Abdul Khair)
xiv + 53 halaman; 8 tabel ; 1 gambar; 8 lampiran
Aktifitas pertambangan emas yang kurang terkontrol akan membahayakan lingkungan terutama pada badan air, tercemarnya aktifitas tambang emas ke sungai karena penampungan limbah tidak terkontrol sehingga limbah meluap keluar melalui aliran-aliran kecil kemudian masuk ke sungai. Menurut masyarakat dampak yang pernah terjadi akibat aktifitas tambang emas adalah kematian masal pada ikan dan fauna lainnya yang ada di aliran sungai.
Sianida merupakan racun yang bekerja cepat, berbentuk gas tak berbau dan tak berwarna, yaitu hidrogen sianida (HCN) atau sianogen khlorida (CNCl) atau berbentuk kristal seperti sodium sianida (NaCN) atau potasium sianida (KCN).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak kandungan sianida terhadap lingkungan air akibat kegiatan tambang emas di Desa Tanjung Habulu Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian kadar sianida (CN) pada limbah cair di badan air dengan hasil rata-rata yaitu 1,83 mg/l sampai 226,9 mg/l. Debit bagian efluen limbah dengan rata-rata 9,5 l/dt, pada bagian hilir dengan rata-rata 20 l/dt. pH limbah cair aktifitas pertambangan terhadap badan air adalah dengan rata-rata 7,5 sampai 10. Suhu badan air aktifitas pertambangan terdapat suhu dengan rata-rata 29,5 ˚C sampai 30 ˚C. Berdasarkan Baku Mutu Limbah Cair dan air sungai Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 04 tahun 2007 tentang Baku Mutu Limbah Cair (BMLC) limbah cair 0,05 mg/l. Maka kadar sianida (CN) pada badan air melebihi nilai baku mutu. Alternatif pemecahan masalah yang dapat diberikan adalah membuat penampungan dan pengolahan dengan cara pembuatan kolam limbah, pengendapan dan penambahan kapur.

Kata Kunci : Kualitas dan Kuantintas, Limbah Cair Tambang Emas
Kepustakaan : 22 (2001-2017)


Ketersediaan

2814.1001.4 ARU dMy Library (RAK XI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001.4 ARU d
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.4 ARU d
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan ke 1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this